Kamis, Oktober 08, 2009

Any Video Converter: Konversi Klip Video untuk Semua Ponsel

Ada cara mudah dan gratis agar file-file video yang didapat dari mana-mana itu, termasuk YouTube dan koleksi DVD Anda, bisa dinikmati di ponsel. Tinggal gunakan aplikasi gratis bernama Any Video Converter.

Any Video Converter merupakan aplikasi konversi format video yang mudah digunakan, dengan kecepatan konversi yang tinggi dan kualitas tetap terjaga. Aplikasi ini bisa melakukan konversi hampir semua format video seperti DivX, XviD, MOV, rm, rmvb, MPEG, VOB, DVD, WMV, AVI.

Hasil konversi video bisa dinikmati di semua jenis ponsel tergantung format yang didukungnya, bahkan juga di iPod dan Sony PSP. Format keluaran yang dihasilkannya berupa file avi, wmv, mp4, 3gp, wmv, flv, MPEG-1 dan MPEG-2, mpg (PAL atau NTSC).

Cara konversi sangat mudah. Setelah proses unduh selesai, lakukan instalasi sampai selesai. Sebelumnya, pastikan dulu format video apa yang Anda miliki dan ingin diubah menjadi format apa. Variasi format file video yang bisa diputar, bisa terjadi pada setiap tipe merek, karena ada segmen yang berbeda-beda, meskipun mereknya sama.


Pengaturan Awal
Buka Any Video Converter, dan pilih Edit>Options untuk melakukan pengaturan awal. Tentukan tempat file hasil konversi akan disimpan di bagian Set Output Folder. Secara default, file akan disimpan di C:-Documents and Settings-(nama user)-My Documents-Any Video Converter. Di bagian Process & Thread, pilih kecepatan proses konversi.

Meski klip video yang dikonversi berukuran sangat besar, jangan gunakan pilihan High. Meskipun proses konversi lebih cepat, kualitasnya akan menurun. Jika perlu, di bagian Extras, beri tanda Shutdown computer when encoding finished, sehingga komputer akan mati setelah konversi selesai. Ini berguna jika file video yang dikonversi sangat besar, misalnya rekaman video pernikahan atau sebuah DVD film

Masih di Options, pilihan Audio memungkinkan Anda mengatur besarnya suara yang diinginkan (Volume Control), termasuk juga kualitas suaranya (Audio Quality)

Selanjutnya, pada pilihan Video, yang penting diatur adalah Video Resize. Pilihan Fit to width akan memaksa klip video hasil konversi menyesuaikan dengan lebar klip asal. Sedangkan pilihan Fit to Height akan menyesuaikan pilihan dengan tinggi klip video asal.


Cara Konversi yang Mudah
Klik “Add Video” untuk memasukkan klip video yang ingin dikonversi. Lanjutkan dengan klik Profile untuk memilih jenis video yang diinginkan. Ada banyak sekali pilihan yang bisa digunakan. Mulai dari format khusus untuk ponsel MPEG-4 (mp4), format video flash seperti flv (video dari Youtube) dan swf, berbagai jenis format video yang umum seperti DVD Video PAL/NTSC (mpg), avi, wmv, dan mp4.

Klip video bahkan bisa diambil (diekstraksi) suaranya saja, menjadi file berformat mp3, ogg, wav, aac, dan wma. Jadi jika Anda tetap ingin menikmati suara dari sebuah klip video lagu berukuran besar, maka ambil saja suaranya dan putar di ponsel. Ini juga akan menghemat jika sisa memori di ponsel hanya sedikit.

Bahkan, klip video dari YouTube bisa diunduh sekaligus langsung dikonversi. Sebelumnya, di Options, lalu Online Video, lalu masukkan Username dan Password. Lalu, klik ikon YouTube di bagian tengah atas. Masukkan alamat klip video YouTube yang ingin diunduh. Alamat ini bisa didapat saat berada di YouTube setelah memilih kilp video, di bagian kotak kanan, ada URL. Nah, copy dan paste alamat ini ke Any Video Converter.

Anda bisa memutar klip video yang ingin dikonversi terlebih dahulu. Jika terlalu panjang, klip video bisa dipotong dengan menekan tombol berbentuk buka kurung untuk mulai menandai awal klip (Start to Trim) dan menekan tombol berbentuk tutup kurung untuk mengkakhiri potongan klip (Stop to Trim).

Pengaturan penting lain adalah memilih resolusi klip video agar pas dengan resolusi layar ponsel. Di bagian bawah tampilan video, ada pilihan Video Options. Pilih Video Size dan pilih resolusi yang sesuai. Pilih pula Video Bitrate dan Framerate sesuai kemampuan ponsel Anda.

Secara teori, makin tinggi Bitrate dan Framerate, kualitas videonya makin bagus. Namun, karena kemampuan prosesor ponsel yang terbatas dalam memutar sebuah klip video, Anda harus melakukan beberapa kali percobaan agar didapat nilai yang pas dengan kemampuan ponsel Anda.

Pengaturan Audio Options perlu dilakukan pula agar suara yang terdengar sesuai kemampuan ponsel. Semua pengaturan tersebut (Video dan Audio), mempengaruhi ukurannya. Makin tinggi nilai yang digunakan, makin bagus kualitasnya, tapi makin besar pula ukurannya. Dan sebaliknya.

Karena itu perlu dicari nilai yang pas, agar kualitas masih cukup baik, tapi juga tidak memenuhi isi memori ponsel. Jika ponsel Anda punya dua saluran (stereo), maka Audio Channel bisa dipilih 2, agar suara yang keluar juga stereo.

Setelah pengaturan selesai, kilk Convert. Maka proses konversi akan berjalan dengan kecepatan tertentu, tergantung kinerja komputer Anda. Selanjutnya, pindahkan klip hasil konversi ke ponsel. Dan, video siap dinikmati di mana saja!


sumber kompas.com

0 komentar:

Poskan Komentar